Ternyata kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Kodim Pati dilaksanakan tidak seperti tahun lalu

BERITAPATI.COM-Kodim 0718/Pati selama dua hari menggelar kegiatan Apel Danramil dan babinsa tersebar tahun anggaran 2020 yang diikuti oleh seluruh Danramil dan perwakilan Babinsa seluruh jajaran Kodim 0718/pati.

Apel Danramil dan Babinsa yang dilaksanakan pada tahun 2020 ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena biasanya selalu melibatkan ratusan personel Kodim Pati. Namun pada tahun ini ada pembatasan peserta.

Hal ini tidak lepas dari kondisi serta situasi karena masih dalam pandemi covid-19 yang menyebabkan kegiatan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan sehingga apel Danramil dan Babinsa yang digelar pada tanggal 30 November 2020 dan tanggal 01 Desember 2020 hanya diikuti oleh 84 orang prajurit dengan peserta seluruh Danramil dan perwakilan Babinsa yang ditunjuk.

Dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan hari senin 30 November 2020, Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE, M.I.Pol menyampaikan bahwa kegiatan apel Danramil dan Babinsa ini sangat penting sehingga selalu dilaksanakan setiap ahir tahun.

“Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa tersebar Ta.2020 ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yakni Apel Komandan Satuan yang tujuannya adalah untuk menyampaikan kebijakan pimpinan atau komando atas serta menyampaikan hasil evaluasi dari komando atas agar dapat disampaikan keseluruh jajaran,”ujar Dandim.

Dandim juga memberikan motivasi agar para Danramil serta Babinsa yang merupakan ujung tombak TNI AD agar dapat mencari dan menciptakan kiat khusus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya Kabupaten Pati yang saat ini angka penularan Covid-19 masih tinggi sehingga sampai sekarang masih pada zona merah.

Bukan hanya tentang penanganan Covid-19 saja, Netralitas TNI dalam Pilkada serentak yang rencana akan digelar tanggal 9 Desember 2020 mendatang juga tak luput dari sorotan orang nomor satu di Kodim Pati tersebut, bahkan dengan tegas dia menyampaikan bahwa Netralitas TNI wajib diterapkan dan dipedomani oleh seluruh Prajurit.

“Saya mengingatkan kepada seluruh prajurit karena sebentar lagi akan ada pilkada serentak agar benar-benar menjaga netralitas TNI dalam Pilkada walaupun di kabupaten Pati tidak ada Pilkada, Tapi tidak menutup kemungkinan para prajurit dan keluarganya pasti ada yang tinggal dilain kabupaten. Saya minta supaya pedomani Netralitas TNI,”Tegas Letkol Adi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut selain diisi oleh narasumber dari intern Kodim Pati, dari instansi lain yakni BPBD dan Dispertan juga turut memberikan materi pembekalan kepada para peserta.(BP.Snpt/Pendim)

Ternyata kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Kodim Pati dilaksanakan tidak seperti tahun lalu | massohel | 4.5