Saini beruntung hidup ditengah lingkungan masyarakat berhati mulia

Pati- Ada hikmah yang luar biasa dibalik program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2019 di desa Giling Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.

Hikmah yang patut menjadi suri tauladan bagi kita semua yang hidup di Indonesia khususnya masyarakat Jawa yang masih kental dengan budaya gotong-royong serta semangat kebersamaan.

Ibu Saini (65) seorang janda tua yang tinggal sendiri dikarenakan suami sudah tiada dan anak sudah berumahtangga dan tinggal di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Singkat cerita, Saini yang hidup serba pas pasan bahkan digolongkan kategori miskin yang tinggal dirumah berukuran 5 X 7 meter dengan dinding gedek dari anyaman bambu, dan kondisi kurang layak ditempati yang berlokasi di RT. 02/04 Desa Giling kecamatan Gunungwungkal.

Pekerjaan sehari-hari adalah mencari rumput untuk memberi makan kambing milik tetangga yang dia Pelihara dengan perjanjian bagi hasil.

Tidak terbayangkan sebelumnya karena dulu menempati rumah yang tidak layak dihuni, namun sekarang berubah 180 derajat dengan adanya Program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2019, ibu Saini mendapatkan bantuan sebesar 10 juta rupiah dari Disperkim Kabupaten Pati.

Memang beruntung sekali ibu Saini tinggal ditengah-tengah masyarakat yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

Uang 10 juta yang diberikan kepadanya tentunya tidak akan cukup untuk membangun rumah walaupun berukuran mungil sekalipun.

Berkat kebersamaan serta semangat gotong-royong yang masih tertanam kuat didesa Giling sehingga menggugah para tetangga untuk membantunya dengan mengumpulkan iuran untuk biaya mendirikan rumah tersebut.

Bukan hanya bantuan uang, bantuan tenagapun disumbangkan demi pembangunan rumah Saini.

Ahirnya pada tanggal 25 Oktober 2019 rumah mungil berukuran 5 X 7 meter dengan konstruksi kokoh, dinding batako dan lantai keramik sukses berdiri.

Bukan itu saja, hasil iuran warga yang dikumpulkan ternyata masih sisa, sehingga para tetangga membelikan tiga ekor kambing dengan uang sisa iuran tersebut dan diberikan kepada Saini.

Ditemui tim media pada selasa pagi 29 oktober 2019, Saini mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI, Pemkab Pati dan para tetangga yang sudah mewujudkan impianya memiliki rumah mungil dan sehat untuk dihuni, dan sebagai bonusnya masih diberikan tiga ekor kambing yang sekarang menjadi miliknya.

Babinsa desa Giling Serka Purnomo saat mendampingi ibu saini turut membenarkan, “Memang semangat gotong-royong serta kepedulian masyarakat Giling saya akui sangat bagus, bayangkan saja, ditengah kondisi yang Serba sulit mereka mau membantu tetangga yang sedang membutuhkan bantuan,”

“Saya bersama Kades Ibu Sunarsih yang pada awalnya agak ragu dengan kondisi awal bangunan karena hanya ada dana 10 juta, tapi berkat kebersamaan warga semua bisa diatasi,”Tutur Purnomo.

Kegembiraan hati Sainipun bertambah pada hari ini, karena pada siang hari sekitar pukul 10.15 wib mendapatkan kunjungan dari Komandan Kodim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos yang meninjau secara langsung kerumah ibu saini dan berbincang-bincang sambil memeriksa hasil pekerjaan para Prajurit bersama warga.

Rencana pada hari Kamis tanggal 31 oktober 2019 setelah upacara penutupan TMMD sengkuyung Tahap III Ta.2019 akan dilaksanakan penyerahan kunci secara simbolis yang akan diserahkan oleh Bupati Pati bersama Dandim Pati. (Snpt/Pendim)

Saini beruntung hidup ditengah lingkungan masyarakat berhati mulia | massohel | 4.5