Categories: Berita

Kasdim Pati : Melalui peringatan maulid, kita teladani sifat-sifat Nabi Muhammad S.A.W

BERITAPATI.COM 

Pati-Kodim 0718/Pati melaksanakan pengajian di mushola Al Falah Markas Kodim Pati dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H/2020 M dengan tema “Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama Ditengah Pandemi Covid-19”.Senin (26/10/2020)

Acara pengajian yang digelar secara sederhana dan terbatas hanya untuk intern Staf makodim tersebut menampilkan penceramah dari intern Kodim Pati sendiri yakni Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag, M.Si Yang memberikan pencerahan selama kurang lebih satu jam kepada Perwira Staf, anggota militer serta ASN Makodim Pati.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh Serma Suwanto dari Koramil 03 /Tayu, Kepala Staf Kodim Pati dalam ceramahnya menyampaikan bahwa pengajian yang dilaksanakan hari ini memiliki makna sebagai peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul awal 1442 H atau tepatnya hari kamis depan tanggal 29 Oktober 2020.

Mayor Sholihin mengatakan, “Nabi Muhammad SAW sebagai nabi besar penuntun untuk kejalan yang lurus bagi seluruh umat Islam yang ada di dunia dan satu-satunya figur yang tidak tergantikan dalam sejarah sehingga mampu memberikan pengaruh di alam ini,”ungkap Kasdim.

“Karena yang muncul dari Rosullullah Muhammad adalah wahyu dari Allah SWT, budi pekerti yang agung karena lahirnya beliau sudah disambut oleh malaikat dan semua yang ada di alam ini bertasbih kepada Allah karena lahirnya Nabi Muhammad sebagai penutup para Nabi,”

“Nabi Muhammad terkenal dengan panggilan Al Amin yang artinya terpercaya terlahir sebagai anak yatim,” terang Kasdim. Mayor Sholihin juga menceritakan tentang sejarah dan kisah hidup nabi Muhammad dari masa kecil hingga dewasa dan diangkat sebagai nabi.

Diahir pengajian Kasdim berpesan, “Intisari memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah Supaya mengenal lebih dekat dan mempertebal kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW,”Terangnya. Menurutnya bahwa tanda-tanda cinta dapat dilihat dari kesungguhan kita untuk mengenal yaitu mempelajari dari sejarah dan apa saja yang ditinggalkan Nabi untuk umatnya.

“Intisari berikutnya adalah untuk dapat mencontoh serta meneladani ahlak mulia nabi Muhammad SAW. Paling tidak dengan menerapkan empat sifat nabi Muhammad yakni : Shidiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah sehingga kita bersemangat dalam menjalankan dan mensiarkan ajaran agama Islam terutama adalah dengan menjalankan syariat agama Islam terutama shalat 5 waktu, puasa dan semua kebaikan yang diajarkan dalam agama Islam,”Pungkas Kasdim.(BP.snpt/Pendim)

massohel

Share
Published by
massohel

Recent Posts

Lupa Matikan Kompor, Warung di Tayu Pati Ludes Terbakar

TAYU, BERITAPATI.COM Nasib kurang mujur menimpa Solikatun (52) warga desa Tayu Kulon RT. 05/02 selasa…

12 jam ago

Muscab IV BPC HIPMI Kabupaten Pati Tetapkan Ketua Baru

Muscab IV BPC HIPMI Kabupaten Pati Tetapkan Ketua Baru BERITAPATI.COM Dalam acara Musyawarah Cabang IV…

4 hari ago

Berbagi ditengah pandemi, Persit Kodim Pati bagikan nasi kotak kepada pengguna jalan

BERITAPATI.COM  Kecamatan Sukolilo-Gerakan saling berbagi kepada sesama dalam rangka kegiatan rutin jumat berkah, Persit Kartika…

5 hari ago

Memperingati HUT Korpri ke-49, hari ini PNS TNI AD Kodim Pati menggelar acara syukuran

BERITAPATI.COM-Menyambut hari ulang tahun (Korps Pegawai Republik Indonesia) KORPRI ke-49 tahun 2020, PNS TNI AD…

6 hari ago

Konten Baru 20%, Galeri Pati Mbiyen Bisa Dikunjungi Masyarakat

BERITAPATI - KOTA, Pertengahan November 2020 ini wahana wisata arsip “Galeri Pati Mbiyen” sudah bisa…

1 minggu ago

20 orang terjaring operasi yustisi di kecamatan Winong

BERITAPATI.COM-Terus gencarkan pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan, Koramil 18/Winong bersama Polsek…

2 minggu ago