Categories: Berita

Pembinaan Peta jarak jaring teritorial sebagai ajang silahturahmi Kodim Pati dengan mitra karib

BERITAPATI.COM-Pembinaan Teritorial merupakan tugas yang harus diemban oleh satuan Teritorial seperti Kodim 0178/Pati sebagai penyiapan untuk kepentingan pertahanan Negara.

Salah satu kegiatan tersebut adalah berupa Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial dengan peserta para mitra karib Kodim 0718/Pati yang tersebar diseluruh wilayah binaan Kodim 0718/Pati.

Pada periode semester dua tahun anggaran 2020, Kodim Pati kembali melaksanakan pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial yang digelar di balai desa Wedarijaksa Kecamatan Wedarijaksa.Minggu,(25/10/2020)

Sebagai pengisi materi dalam kegiatan tersebut adalah Kapten Inf Kusmiyanto Perwira Seksi Teritorial Kodim 0718 Pati. Hadir pula Danramil 07/Wedarijaksa yang diwakili oleh Bati Tuud Peltu Tri Wahyu Kartika, Kepala Desa Wedarijaksa, dan sejumlah tamu undangan sebanyak 30 orang dari perwakilan masing-masing desa se Kecamatan Wedarijaksa.

Dalam materi yang disampaikan Kapten Inf Kusmiyanto yaitu terkait dengan Wawasan Kebangsaan, adalah merupakan cara pandang tentang diri kita dan lingkungannya dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang berpotensi dapat mengancam keutuhan NKRI,”Ujarnya.

Dia juga membangkitkan semangat serta jiwa patriotik para peserta yang hadir dengan memaparkan kembali sejarah bangsa Indonesia sejak abad ke- 7 hingga masa kemerdekaan serta tentang kekuatan militer yang dimiliki.

Menurutnya kekuatan militer disiapkan bukan semata-mata untuk berperang. “Kekuatan Militer yang kuat bukan dipersiapkan untuk perang, akan tetapi untuk mencegah terjadinya perang, karena diplomatik tidak akan berjalan efektif tanpa adanya hard power,” terangnya.

“Kekuatan terbesar kita adalah rakyat. Oleh karena itu, TNI selalu bersama rakyat, dan manunggal dengan rakyat, demi mewujudkan keamanan dan keutuhan NKRI,” sambung Kusmiyanto.

Radikalisme juga disinggung oleh Pasiter “Kelompok Radikal merupakan kelompok yang sudah kembang kempis, tetapi mereka ingin merubah kondisi bangsa dengan berbagai cara agar keberadaannya diakui pemerintah,” jelasnya.

Dia menghimbau agar masyarakat tidak dengan mudah menuduh seseorang berpaham radikal. Hal itu akan dapat berdampak kurang baik dalam kehidupan bermasyarakat.(BP.Snpt.pendim)

massohel

Share
Published by
massohel

Recent Posts

Lupa Matikan Kompor, Warung di Tayu Pati Ludes Terbakar

TAYU, BERITAPATI.COM Nasib kurang mujur menimpa Solikatun (52) warga desa Tayu Kulon RT. 05/02 selasa…

12 jam ago

Muscab IV BPC HIPMI Kabupaten Pati Tetapkan Ketua Baru

Muscab IV BPC HIPMI Kabupaten Pati Tetapkan Ketua Baru BERITAPATI.COM Dalam acara Musyawarah Cabang IV…

4 hari ago

Berbagi ditengah pandemi, Persit Kodim Pati bagikan nasi kotak kepada pengguna jalan

BERITAPATI.COM  Kecamatan Sukolilo-Gerakan saling berbagi kepada sesama dalam rangka kegiatan rutin jumat berkah, Persit Kartika…

5 hari ago

Memperingati HUT Korpri ke-49, hari ini PNS TNI AD Kodim Pati menggelar acara syukuran

BERITAPATI.COM-Menyambut hari ulang tahun (Korps Pegawai Republik Indonesia) KORPRI ke-49 tahun 2020, PNS TNI AD…

6 hari ago

Konten Baru 20%, Galeri Pati Mbiyen Bisa Dikunjungi Masyarakat

BERITAPATI - KOTA, Pertengahan November 2020 ini wahana wisata arsip “Galeri Pati Mbiyen” sudah bisa…

1 minggu ago

20 orang terjaring operasi yustisi di kecamatan Winong

BERITAPATI.COM-Terus gencarkan pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan, Koramil 18/Winong bersama Polsek…

2 minggu ago