Pemuda Pati Diharapkan Bawa Karang Taruna Jadi Lebih Baik

Pemuda Pati Diharapkan Bawa Karang Taruna Jadi Lebih Baik

BERITAPATI.COM 

Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Saiful Arifin menjadi pembicara dalam webinar bertema “Peran Serta dan Sinergitas Karang Taruna dalam Membangun Negeri”, Rabu (28 Oktober 2020).

Agenda tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan HUT ke-3 Karang Taruna Kabupaten Pati.

Bupati mengikuti kegiatan ini dari Paringgitan Pendopo Kabupaten Pati, sementara Wakil Bupati Saiful Arifin mengikutinya dari Aula Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati.

Haryanto mengatakan, Karang Taruna merupakan wadah  pemuda untuk melakukan banyak hal positif dan bermanfaat.

Dengan Karang Taruna, para pemuda di desa bisa menunjukan bahwa mereka mampu menjadi penggerak di bidang sosial, perekonomian, maupun lainnya,” ungkap dia.

Menurut Bupati, dengan usaha yang diriingi kemauan, inovasi, kreatifitas dan keberanian, pemuda bisa menjadi agen perubahan untuk desanya.

Namun, pihaknua menegaskan, untuk meraih keberhasilan dibutuhkan proses dan waktu, tidak bisa instan.

“Misalnya kita mau mengelola wisata desa atau ekonomi kreatif, itu butuh waktu,” sambungnya.

Ia optimistis, para pemuda Pati bisa membawa Karang Taruna ke arah lebih baik. Sehingga Karang Taruna yang dulu dipandang sebelah mata bisa berkiprah di berbagai bidang.

“Inovasi dan kreativitas mesti diangkat. Kalau saat ini belum dipercaya penuh, tunjukkan bahwa kita bisa dan ada kemauan,” tegas Haryanto.

Ia pun meyakini, pemuda merupakan agent of change, agen perubahan ke arah lebih baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, ia mengajak karang taruna untuk menyimak dan meneladani kisah sukses para pemimpin.

Sementara itu, Wakil Bupati Saiful Arifin yang juga merupakan Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Pati menekankan agar Karang Taruna bisa menjalin sinergi dengan pemerintah.

“Karena itu ayo kita dorong teman-teman karang taruna untuk bersinergi dengan pemerintah, terutama pemerintah desa. Kita punya idealisme, tapi tidak mesti berseberangan dengan pemerintah desa. Boleh sampaikan kritik, tapi tetap bersama,” terang Safin.

Ia mengajak anggota Karang Taruna untuk bergandeng tangan dengan pemerintah di desa masing-masing untuk memberi dampak positif.

“Jangan dulu pesimistis dan bertanya-tanya, saya kok nggak didukung Pemdes. Kita perlu bertanya lebih dulu ke diri sendiri, apa yang sudah saya perbuat untuk desa? Jangan cuma taunya hanya nyinyir,” ujarnya.

Menurut Safin, jika anggota Karang Taruna melakukan kegiatan positif dan memberi solusi untuk berbagai permasalahan desa, dengan sendirinya pemerintah desa akan mendukung.

“Ayo kita kompak dan guyub menjadikan desa maju dan kondusif. Kalau pemuda bersikap demikian, desa akan benar-benar menjadi motor penggerak pembangunan,” pungkas Wabup.

(bp/hms).

kayen

Share
Published by
kayen

Recent Posts

Lupa Matikan Kompor, Warung di Tayu Pati Ludes Terbakar

TAYU, BERITAPATI.COM Nasib kurang mujur menimpa Solikatun (52) warga desa Tayu Kulon RT. 05/02 selasa…

12 jam ago

Muscab IV BPC HIPMI Kabupaten Pati Tetapkan Ketua Baru

Muscab IV BPC HIPMI Kabupaten Pati Tetapkan Ketua Baru BERITAPATI.COM Dalam acara Musyawarah Cabang IV…

4 hari ago

Berbagi ditengah pandemi, Persit Kodim Pati bagikan nasi kotak kepada pengguna jalan

BERITAPATI.COM  Kecamatan Sukolilo-Gerakan saling berbagi kepada sesama dalam rangka kegiatan rutin jumat berkah, Persit Kartika…

5 hari ago

Memperingati HUT Korpri ke-49, hari ini PNS TNI AD Kodim Pati menggelar acara syukuran

BERITAPATI.COM-Menyambut hari ulang tahun (Korps Pegawai Republik Indonesia) KORPRI ke-49 tahun 2020, PNS TNI AD…

6 hari ago

Konten Baru 20%, Galeri Pati Mbiyen Bisa Dikunjungi Masyarakat

BERITAPATI - KOTA, Pertengahan November 2020 ini wahana wisata arsip “Galeri Pati Mbiyen” sudah bisa…

1 minggu ago

20 orang terjaring operasi yustisi di kecamatan Winong

BERITAPATI.COM-Terus gencarkan pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan, Koramil 18/Winong bersama Polsek…

2 minggu ago