Categories: Berita

Manfaatkan lahan kosong, Kodim Pati tanami halaman belakang dengan tanaman sayur

BERITAPATI.COM KOTA-Halaman belakang asrama Kodim 0718/Pati kini terlihat sejuk dan semakin hijau memanfaatkan pekarangan kosong dengan menanam menggunakan media pot. Setelah satu bulan tanaman sayur yang ditanam oleh anggota Pok Tuud sekarang sudah terlihat meghijau.

Hampir sekitar tiga tahun taman model kawasan rumah pangan lestari (MKRPL) dan hidroponik milik Kodim 0718/Pati yang terlihat sudah usang, sekarang mulai menghijau kembali. Renovasi yang dilaksanakan oleh Pok Tuud Kodim Pati dengan mengganti rangka MKRPL dengan menggunakan bambu serta meremajakan tanaman sayur dengan yang baru, kini sudah terlihat makin sedap dipandang mata.

Sistem tanam dengan menggunakan media pot terbukti juga efektif untuk budidaya tanaman karena terkendala ketersediaan lahan yang ada sehingga tidak menjadi penghalang untuk dapat bercocok tanam. Dengan tanaman tomat, terong, cabai dan daun bawang, serta ada kolam kecil berada dipojok bangunan yang diisi ikan nila semakin menambah lengkap koleksi MKRPL yang diselubungi Paranet (Shading Net) untuk mengurangi intensitas sinar matahari ke tanaman.

Apabila ditekuni dan dengan perawatan yang tepat pasti akan diperoleh hasil yang memuaskan, hal ini diungkapkan oleh Kapala Pok Tuud Kodim Pati Pelda Ali Mahmudi di Markas Kodim Pati. Senin, (13/07/2020). “Perawatan tanaman dengan media tanam pot tergolong cukup ringan dan tergolong mudah, hanya memerlukan satu kali penyiraman setiap hari untuk mencukupi kebutuhan asupan air yang dibutuhkan tanaman,” ujar Pelda Ali.

Dia juga menambahkan bahwa masih ada satu lagi penambahan dalam MKRPL milik Kodim Pati tersebut yakni pipa-pipa hidroponik yang sudah tersedia rencana kedepan akan dihidupkan kembali untuk menambah koleksi tanaman sayur.

“Pipa untuk media tanam hidroponik yang sudah ada rencana kedepan akan kita hidupkan kembali agar semakin banyak koleksi tanaman dan untuk menambah asri dilingkungan asrama Kodim Pati,”terangnya.(Snpt.pendim.BP)

massohel

Share
Published by
massohel

Recent Posts

Bertambah 26 Positif, Santri Negatif Corona di Margoyoso Dipulangkan

Bertambah 26 Positif, Santri Negatif Corona di Margoyoso Dipulangkan BERITAPATI - Margoyoso, Bupati Pati Haryanto…

13 jam ago

Dandim Pati berikan satu ruangan di gedung Pekas Lama sebagai kantor sekretariat PPDI Kabupaten Pati

Kota, BERITAPATI.COM - Pengesahan Sekretariat PPDI ( Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia ) Kabupaten Pati sabtu…

1 hari ago

Dandim Pati resmikan penggunaan Wifi jaringan internet di dukuh Morotoko desa Wateshaji

Pucakwangi BERITAPATI.COM-Bakti sosial kembali digelar oleh Kodim 0718/Pati kali ini berlokasi di dukuh Morotoko desa…

1 hari ago

Senyum mengembang dari anak-anak dukuh Morotoko desa Wateshaji setelah ada wifi gratis dari Kodim Pati

Pucakwangi BERITAPATI.COM -Ahirnya jerih payah yang telah dilakukan oleh Babinsa Wateshaji Sertu Edy Sulistyo terobati…

3 hari ago

Hari Jadi Pati Ditengah Pandemi, Momentum Saling Menguatkan

BERITAPATI.COM - KOTA, Peringatan hari Jadi Kabupaten Pati yang ke-697 tahun 2020 ini terbilang cukup…

3 hari ago

Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke 697

Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke 697 BERITAPATI.COM - KOTA, Peringatan Hari…

4 hari ago