Inilah hasil verifikasi ODF di desa Sembaturagung dan Jatisari Kecamatan Jakenan

Pati- Hari ini desa Sembaturagung dan desa Jatisari Kecamatan Jakenan didatangi Tim verifikasi ODF (open devication free)/bebas buang air sembarangan(BABS).Senin,16/9/2019.

Dalam kegiatan Verifikasi ODF yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 wib wib di desa Sembaturagung dihadiri oleh Kepala Puskesmas Jakenan Partono, S.KM beserta 4 orang staf, Dinas Kesehatan kabupaten Pati diwakili bapak Pulung beserta 5 orang, Kepala desa Sembaturagung Tantri Wurjayanti, SE, dan Perangkat desa. Babinsa Sertu Ambyah.

Berdasarkan hasil verifikasi ODF pada hari ini desa Sembaturagung masih diketemukan 4 keluarga menggunakan JSSP (jamban semi sehat permanen).

Dalam sambutan dari dinas kesehatan Kabupaten Pati yang disampaikan oleh bpk Pulung pada intinya memberikan waktu kepada dua keluarga tersebut untuk memperbaiki jamban yang belum sesuai standart sehingga nanti bisa memjadi JPS (jamban sehat permanen) sehingga pada akhirnya desa tersebut bisa dilaporkan menjadi desa ODF.

Kegiatan verifikasi kedua pada pukul 11.00 wib sampai pukul 13.00 wib dilaksanakan di desa Jatisari Kecamatan Jakenan juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Jakenan Partono, S.KM beserta 4 orang staf, Dinas Kesehatan kabupaten Pati diwakili Sayoko, SKM, Kepala desa Jatisari Suyoto dan Perangkat desa, Babinsa Serma Ariyanto.

Dalam sambutan Ketua Tim verifikasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Sayoko, SKM mengucapkan terima kasih kepada pihak desa Jatisari yang sudah menyediakan tempat untuk tim verifikasi.

“Kami dari tim verifikasi terdiri dari beberapa unsur antara lain dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Akper, Depag, nanti akan melaksanakan Observasi kerumah-rumah dengan cara per RT diambil sempel sebanyak 10 rumah,”
“Nanti sesuai hasil dari verifikasi yang akan menentukan desa Jatisari ini sudah ODF apa belum, ucap Sayoko.

Setelah acara penyambutan dibalai desa Jatisari, kegiatan selanjutnya Mendatangi rumah yang akan didata oleh tim verifikasi yang didampingi oleh perangkat desa serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Hasil Verifikasi yang telah dilaksanakan dari 74 rumah warga desa Jatisari adalah : WC Sehat permanen : 65, Semi permanen : 0, Numpang di tmpt keluarga : 9, BABS : 0, dengan hasil verifikasi tersebut desa Jatisari Kecamatan Jakenan sudah dinyatakan ODF “Open Devication Free karena tidak diketemukan BABS (Buang Air Besar Sembarangan). (Snpt.st/Pen)

Inilah hasil verifikasi ODF di desa Sembaturagung dan Jatisari Kecamatan Jakenan | massohel | 4.5