Bagi Warga Miskin Belum Dapat Bantuan, Bupati Pati Luncurkan BLT APBD Kabupaten

Bagi Warga Miskin Belum Dapat Bantuan, Bupati Pati Luncurkan BLT APBD Kabupaten

PATI, BERITAPATI.COM

Peluncuran Bantuan Langsung Tunai dari pemerintah daerah dilaksanakan Bupati di Balai Desa Blaru Kecamatan Pati. Rabu, (20 Mei 2020).

Hadir pula dalam kegiatan itu, Dandim 0718/Pati, Kepala Dinas Sosial, Kepala Satpol PP, Kapolsek Pati, Danramil Pati, perwakilan Bank Jateng dan Kepala Desa beserta penerima manfaat.

“Jadi memang masyarakat yang terdampak Covid-19 di luar penerima program PKH, BNPT, dan BST dari pemerintah pusat akan menerima program bantuan BLT dari pemerintah daerah atau BLT dari dana desa”, urainya.

Bantuan BLT alokasi Dana Desa dan BLT APBD ini, menurut Bupati, diperuntukkan kepada orang tidak mampu yang terdampak langsung Covid-19, orang miskin yang tidak dapat bantuan BPNT, PKH dan BST, serta orang yang sakit parah menahun dan juga orang Lansia.

Dalam kesempatan itu, Haryanto berpesan bagi warga yang telah mendapat program bantuan BLT dari pemerintah daerah nantinya juga tidak iri ketika ada warga lain yang menerima pembagian BLT dari pemerintah desa. “Sebab BLT dari dana desa diperuntukan bagi warga terdampak covid di luar penerima program PKH, BNPT, dan BLT pemerintah daerah. Tujuannya tentu saja adalah agar tidak tumpang tindih dan bisa lebih merata serta tepat sasaran”, imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati menuturkan bahwa belum semua bantuan bisa dibagikan sebelum lebaran. “Untuk selebihnya nanti akan kita berikan bisa jadi setelah lebaran tetapi bisa dipastikan bagi yang tercatat pasti akan mendapat program bantuan ini”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pati Soebawi melaporkan bahwa untuk jaring pengaman sosial penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati, penerima bantuan BLT dari pemerintah daerah tahap I bulan April terdiri atas 611 kepala keluarga yang berada di Kabupaten Pati serta 54 kepala keluarga be-KTP Pati yang tidak mudik, yang masih ada di perantauan.

“Bantuan langsung tunai dari kabupaten sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan sedangkan untuk keluarga yang merantau, dari Pemkab memberikan bantuan Rp 200 ribu per bulan selama 3 bulan”, jelasnya.

Secara simbolis Bupati kemudian menyerahkan program BLT dari APBD Kabupaten Pati kepada perwakilan penerima manfaat di Desa Blaru.

(BP/ hms)

Beritapati.com

Share
Published by
Beritapati.com

Recent Posts

Ada Orang Gantung Diri di Sumbersari, Polsek Kayen Lakukan Olah TKP

KAYEN, BERITAPATI Seorang pria berusia 53 Tahun berinisial J warga DUkuh Sering Desa Sumbersari Kecamatan…

7 jam ago

Bantuan Beras, Upaya Menekan Beban Pengeluaran KPM PKH

Bantuan Beras, Upaya Menekan Beban Pengeluaran KPM PKH PATI, BERITAPATI.COM Bupati Pati Haryanto menghadiri Launching…

18 jam ago

KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati

KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati YOGYAKARTA, BERITAPATI.COM KMPP (Keluarga Mahasiwa Pelajar Pati) Yogyakarta mendapat…

3 hari ago

Kodim Pati bersama Pegadaian bantu rehab RTLH di desa Wedarijaksa

BERITAPATI.COM - Dalam rangka menyambut HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia tahun 2020. Kodim 0718/Pati melaksanakan…

4 hari ago

Mbah Ngasinah ahirnya memiliki rumah sehat berkat bantuan RTLH Kodim Pati

BERITAPATI.COM - RTLH yang berlangsung dalam rangka HUT ke-75 TNI tahun 2020 di wilayah Kodim…

4 hari ago

Rehab RTLH Koramil Batangan rampung, Dandim Pati serahkan kunci rumah kepada mbah Dadiguno

BERITAPATI.COM-Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo dan tokoh…

4 hari ago