Rumah Mbah Selamet rampung direhab TNI, Dandim Pati serahkan kunci secara simbolis hari ini

BERITAPATI.COM (KOTA) 

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE, M.I.Pol kembali menyerahkan hasil rehab rumah tidak layak huni (RTLH) kepada mbah Selamet warga desa Winong Rt. 09/02 kecamatan Pati Kabupaten Pati.

Bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 3 unit ahirnya dapat dirampungkan seluruhnya oleh prajurit Kodim 0718/Pati dalam rangka hari juang TNI AD yang diperingati tanggal 15 desember 2020 lalu. Tiga rumah tersebut adalah di kecamatan Jaken satu unit, di kecamatan Sukolilo satu unit dan di kecamatan Pati sebanyak satu unit yang pada hari ini dilaksanakan acara penyerahan kunci rumah secara simbolis oleh Dandim Pati kepada mbah Selamet. Senin, (28/12/2020).

Dalam acara yang berlangsung secara sederhana tersebut juga dihadiri oleh Forkopincam Pati, perwakilan dari kantor cabang BRI Pati, Kades Winong serta tetangga yang turut merasakan kegembiraan mbah Selamet sekeluarga. Dan yang membuat semakin istimewa adalah bantuan yang diberikan dari Kodim Pati bekerjasama dengan BRI Cabang Pati tersebut adalah tepat sasaran, karena mbah Selamet (70) merupakan salah satu penyandang disabilitas (Tuna Netra) yang sehari-hari tidak bekerja dan hanya mengandalkan penghasilan dari istrinya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Menurut penuturan Kapten Inf Yahudi, S.Sos Danramil 01/Pati, rumah mbah Selamet dengan ukuran 6 X 7 meter sebelum direhab kondisinya bisa dikatakan kurang layak untuk dihuni. Dinding dari bilik bambu (Gedek) serta lantainya masih tanah, namun setelah direhab, rumah tersebut berubah 180 derajat dengan kondisi sudah layak huni, konstruksi dinding dari bata putih serta lantainya sudah menggunakan material keramik. “Dengan bergotong-royong antara Koramil 01/Pati bersama Polsek Pati dan warga, alhamdulillah ahirnya selama 12 hari dapat dirampungkan dan hari ini dilaksanakn penyerahan kunci rumah oleh pak Dandim,”Ujar Kapten Yahudi.

Sementara itu dalam acara penyerahan kunci rumah, Dandim Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksanannya kegiatan RTLH di rumah mbah Selamet. “Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu rehab RTLH ini, dari BRI Pati, Polsek, Koramil serta warga semua, semoga ini menjadikan amal bagi kita semua,”Kata Dandim.

“Kepada pak Selamet sekeluarga semoga setelah direhab, rumah ini semakin nyaman untuk dihuni dan semakin sehat dan menjadi berkah untuk pak selamet sekeluarga,”Imbuh Letkol Adi.

Dandim juga berharap kerjasama seperti ini, dari Kodim Pati dengan BRI maupun dengan instansi yang terkait lainnya dapat berjalan terus sehingga dapat membantu dan mendukung pembangunan di wilayah kabupaten Pati.

Ditemui setelah acara, mbah Selamet mengungkapkan dengan senyum bahagia, dan perasaan gembiranya karena mendapatkan bantuan dari Kodim Pati sehingga rumah miliknya dapat direhab oleh TNI bersama Polri dan warga sekitar. (BP.Snpt/Pendim)

Rumah Mbah Selamet rampung direhab TNI, Dandim Pati serahkan kunci secara simbolis hari ini | massohel | 4.5