Pemkab Tinjau Ulang Bangunan Penyebab Banjir di Kayen

Pemkab Tinjau Ulang Bangunan Penyebab Banjir di Kayen

BeritaPati.com – Kayen, Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin, Dandim, Sekda, Kepala Dinas Sosial, BPBD, Dinkes, PMI serta dinas terkait, hari ini meninjau lokasi bangunan yang disinyalir menjadi salah satu penyebab banjir yang terjadi di wilayah Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Pati. (30/1).

Di sela kegiatan peninjauan tersebut, Bupati Pati Haryanto akan melakukan pengkajian lokasi tersebut lebih lanjut. Dan ketika wilayah tersebut merupakan arus sungai maka akan dilakukan normalisasi.

“Kami juga akan mengidentifikasi saluran air itu dengan peta saluran irigasi, nanti DPUTR akan membuat laporan secara komprehensif. kita sebelum melangkah harus sesuai data yang konkrit. Jadi wilayah tersebut harus kita pastikan dulu apakah bantaran sungai atau milik pribadi,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Sedangkan untuk mengurangi dampak banjir, normalisasi Sungai Manggi di Kecamatan Kayen, juga akan segera dilaksanakan. “Karena normalisasi sungai tersebut sudah kita alokasikan di anggaran perubahan,” imbuhnya.

Menurut Bupati Haryanto, banjir tahunan yang melanda wilayah tersebut merupakan dampak belum tuntasnya normalisasi sungai Juwana yang merupakan kewenangan pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Sudah kita usulkan beberapa kali ke pemerintah pusat, agar dampak banjir tahunan yang melanda wilayah Kabupaten Pati bisa berkurang”, pungkas Bupati. (BP/ Dok Humas Setda)

Pemkab Tinjau Ulang Bangunan Penyebab Banjir di Kayen | kayen | 4.5