Gempa 7,1 Melanda Sulawesi Utara Tidak Berpotensi Tsunami

BERITAPATI.COM (MANADO)

Lagi gempa berkekuatan Magnitudo (M) 7,1,Lok : 4.98 LU,127.38 BT,134KM Timur Laut Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulut dengan kedalam 154 KM, Kamis (21/1/2021) malam sekitar pukul 19:23:07 WIB di rasakan masyarakat Kota Manado-Bitung dan sekitarnya.

Dilansir dari klikwarta.com, gempa yang  sempat membuat  panik warga Kota Bitung, namun hal tersebut terjadi tidak lama dan aktivitas wargapun kembali normal

Sementara itu gempa di rasakan seluruh peserta dan warga yang sedang menyaksikan pelaksanaan penetapan walikota dan wakil walikota Bitung terpilih yang di gelar KPUD Bitung di Fave Hotel Bitung.

Namun hingga berita ini di turunkan dampak gempa tak mengganggu proses penetapan Walikota dan wakil walikota Bitung terpilih.

Sementara itu Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG  Bambang Setiyo Prayitno, M.Si, pada rilis yang di kirimkan lewat group WhatsApp mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya”, jelasnya.

Ia pun menyarankan kepada warga Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah”, imbaunya

Dan ia pun meminta kepada masyarakat agar selalu memastikan setiap informasi yang di dapat adalah informasi resmi dari pihak BMKG.

‘Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg”, jelasnya. (*)

Gempa 7,1 Melanda Sulawesi Utara Tidak Berpotensi Tsunami | mas | 4.5