Categories: berita patinewspati

Forum kerukunan Umat Beragama Kabupaten Pati Kecam Kekerasan di Rakhine Myanmar

dok Humas Polres Pati

Beritapati.com – Kota, Konflik dan krisis kemanusiaan yang terjadi di Rohingya, Myanmar, ditanggapi serius oleh Forum kerukunan umat beragama atau FKUB Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Selasa (05/09/2017), Para tokoh lintas Agama Pati yang tergabung dalam Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pati menggelar pertemuan di Aula Kesbangpolinmas Kabupaten Pati. Para Tokoh Agama turut prihatin dan berempati atas krisis kemanusiaan dan keamanan yang terjadi di Myanmar.

Dalam pertemuan tersebut, para pemuka agama ini menandatangani nota pernyataan sikap untuk mengecam krisis kemanusiaan di negara bagian Rakhine tersebut.

Bahwa tragedi etnis Rohingya di Myanmar adalah bukan peristiwa kebencian antar umat beragama, tetapi tragedi kemanusiaan yang akar masalahnya sangat kompleks.

FKUB Kabupaten Pati menyatakan “Kami forum kerukunan umat beragama Kab. Pati turut prihatin dan berempati atas krisis kemanusiaan dan keamanan yang terjadi di Myanmar. Mari kita sama2 memberikan bantuan dengan cara positif yaitu dalam bentuk donasi atau dengan cara bersama mendoakan agar Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kekuatan, ketabahan, keselamatan dan tercapainya solusi atas krisis yang terjadi”.

FKUB Kabupaten Pati berharap agar Pemerintah RI berperan aktif melakukan diplomasi dan bantuan kemanusiaan terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

“Kita sebagai negara dengan Umat Muslim terbesar di dunia, harus bijak dalam menyikapi kasus di Myanmar. Jangan kita mudah terpancing dengan isu-isu di media sosial yang belum tentu kebenarannya, sehingga dapat merusak kerukunan Umat beragama, memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.” Ucap ketua FKUB Pati.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan kerukunan umat beragama khususnya di Kabupaten Pati.” Tambahnya

Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, S.I.K yang hadir dalam pertemuan tersebut menghimbau kepada masyarakat agar aksi damai bela Rohingya tidak dilaksanakan di tempat-tempat Ibadah maupun tempat-tempat wisata khususnya Candi Borobudur.

sarmin

Share
Published by
sarmin

Recent Posts

Bupati Pati: Kedepan, Perangkat Desa Hanya Berjumlah 9

BERITAPATI.COM - PATI, Bupati Pati Haryanto, menghadiri sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 tahun 2020…

15 jam ago

Manfaatkan lahan kosong, Kodim Pati tanami halaman belakang dengan tanaman sayur

BERITAPATI.COM KOTA-Halaman belakang asrama Kodim 0718/Pati kini terlihat sejuk dan semakin hijau memanfaatkan pekarangan kosong…

23 jam ago

Yayasan Subur Makmur Sejahtera berbagi kepada anak Yatim dan Dhuafa

  BERITAPATI.COM KOTA-Jelang Tahun Ajaran Baru, Yayasan Subur Makmur Sejahtera Bagi-Bagi Perlengkapan Sekolah Tahun ajaran…

3 hari ago

Jumat Berkah, Koramil Wedarijaksa salurkan bantuan kepada anak Yatim Piatu

BERITAPATI.COM WEDARIJAKSA -Koramil 07/Wedarijaksa pada hari Jumat 10 Juli 2020 Pkl 08.30 Wib melaksanakan kegiatan…

4 hari ago

Dua Orang Peserta Demo Kelompok Seni di Pati, Reaktif Rapid Test

Dua Orang Peserta Demo Kelompok Seni di Pati, Reaktif Rapid Test PATI, BERITAPATI.COM, Menyikapi unjuk…

4 hari ago

Polsek Batangan Ringkus Satu Pelaku Curanmor di Desa Kedalon

BERITAPATI.COM - BATANGAN, Diduga sebagai  pelaku pencurian sepeda motor, satu orang berhasil ditangkap Petugas Polsek…

5 hari ago