Bupati Klarifikasi Poto Yang Beredar Tanpa Masker

BERITAPATI.COM (KOTA)

Menanggapi beredarnya poto Bupati Pati tanpa menggunakan masker, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo angkat bicara, pihaknya mengingatkan agar pejabat berlaku bijak ditengah pandemi ini. Senin (18/1)

Saya kira semua juga harus disiplin. Saya hanya mengingatkan kita jangan sampai lupa begitu ada kerumunan masker ini tidak dilepas mau foto mau enggak itu enggak boleh,” ungkap Gubernur Ganjar.

Gubernur mengaku telah mendapatkan penjelasan dari Bupati Pati Haryanto sendiri. Bupati Pati mengatakan masker itu hanya dicopot sebentar untuk memenuhi permintaan dari pihak pengantin.

Tapi saya juga mendapatkan video-video, Bupati Pati keliling menertibkan dan itu pakai masker terus,” sambungnya.

Meski begitu, Ganjar menegaskan, seluruh pejabat di Jawa Tengah harus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Saya sendiri sudah divaksin saja enggak berani gembelengan (besar kepala) pakai masker seolah-olah sudah sehat. Saya minta teman-teman apalagi pejabat publik untuk mengikuti semuanya,” lanjut Ganjar.

Menurutnya, seorang pejabat publik juga harus berani menolak permintaan warganya yang berpotensi melanggar prokes.

Saya kemarin juga masih sempet nanem pohon, semua yang ngomong dibuka, saya bilang kamu tutup atau enggak usah ngomong? Pak foto deket-deket? Enggak boleh, jaga jarak dulu semua masker dipakai,” ujarnya.

Kejadian bermula ketika poto-poto tersebut di unggah di media sosial Facebook  Komunitas Anak Asli Pati dan banyak menuai komentar.  Bupati Pati mengklarifikasi unggahan tersebut seperti yang terlihat di akun Instagram pribadi @haryantoshmmmsi.

Dalam unggahan tersebut Haryanto mengklarifikasi bahwa dalam acara tersebut menjadi saksi dalam prosesi ijab qobul, itupun dengan protokol kesehatan yang ketat, ketika acara sesi poto dimulai memang masker sempat dilepas sebentar karena permintaan mempelai untuk kenang-kenangan. (pn/m@s)

Bupati Klarifikasi Poto Yang Beredar Tanpa Masker | mas | 4.5